INDIKATOR-INDIKATOR BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS VIII KURIKULUM 2013

 

INDIKATOR-INDIKATOR BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA
KELAS VIII KURIKULUM 2013

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.1.1   Menjelaskan pengertian teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.1.2   Menjelaskan struktur teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.1.3   Menjelaskan ciri kebahasaan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.1.4   Menjelaskan fungsi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.2              Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.2.1   Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dengan teks lainnya secara lisan maupun tulis.
3.3              Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.3.1   Mengklasifikasikan jenis-jenis teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dengan beberapa  teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
3.4              Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis.
3.4.1   Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dari segi isi baik secara lisan maupun tulis.
3.4.2   Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dari segi struktur baik secara lisan maupun tulis.
3.4.3   Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dari segi kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
4.1    Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulis.
4.1.1   Menjelaskan isi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi dengan bahasa sendiri baik secara lisan maupun tulis.
4.1.2   Mengaitkan isi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi terhadap kehidupan sehari-hari baik secara lisan maupun tulis.
4.2    Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulis.
4.2.1   Menentukan topik teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulis.
4.2.2   Membuat kerangka teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi.
4.2.3   Membuat draf teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi.
4.2.4   Memproduksi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulis.
4.3    Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.
4.3.1   Menemukan kesalahan lalu memperbaiki kebahasaan maupun struktur teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi buatan sendiri baik secara lisan maupun tulis.
4.4    Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulis.
4.4.1   Menemukan ide pokok dari setiap paragraf teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi buatan sendiri.
4.4.2   Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi buatan sendiri menjadi satu paragraf.

Komentar