INDIKATOR-INDIKATOR BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA
KELAS VIII KURIKULUM 2013
KELAS VIII KURIKULUM 2013
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui
lisan maupun tulis.
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
melalui lisan maupun tulis.
3.1.2
Menjelaskan struktur teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
melalui lisan maupun tulis.
3.1.3
Menjelaskan ciri kebahasaan teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui
lisan maupun tulis.
3.1.4
Menjelaskan fungsi teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui
lisan maupun tulis.
|
3.2
Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
|
3.2.1
Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi dengan teks lainnya secara lisan maupun tulis.
|
3.3
Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis.
|
3.3.1
Mengklasifikasikan jenis-jenis teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi,
cerita prosedur, dan cerita biografi dengan
beberapa teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
melalui lisan maupun tulis.
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan mupun tulis.
|
3.4.1
Mengidentifikasi kekurangan teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi dari segi isi baik secara lisan maupun
tulis.
3.4.2
Mengidentifikasi kekurangan teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi dari segi struktur baik secara lisan
maupun tulis.
3.4.3
Mengidentifikasi kekurangan teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi dari segi kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
4.1
Menangkap makna teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1
Menjelaskan isi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi
dengan bahasa sendiri baik secara lisan maupun tulis.
4.1.2
Mengaitkan isi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi terhadap
kehidupan sehari-hari baik secara lisan maupun tulis.
|
4.2
Menyusun teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai
dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulis.
|
4.2.1
Menentukan topik teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik
secara lisan maupun tulis.
4.2.2
Membuat kerangka teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi.
4.2.3
Membuat draf teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi.
4.2.4
Memproduksi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik
secara lisan maupun tulis.
|
4.3
Menelaah dan merevisi
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.
|
4.3.1
Menemukan kesalahan lalu memperbaiki kebahasaan
maupun struktur teks cerita moral/fabel,
ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi buatan sendiri baik secara lisan maupun
tulis.
|
4.4
Meringkas teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
baik secara
lisan maupun tulis.
|
4.4.1
Menemukan ide pokok dari setiap paragraf teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi
buatan sendiri.
4.4.2
Meringkas teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi
buatan sendiri menjadi satu paragraf.
|
Komentar
Posting Komentar