PENGERTIAN, TUJUAN, DAN ARAH BIMBINGAN DAN KONSELING

  PENGERTIAN, TUJUAN, DAN ARAH  BIMBINGAN DAN KONSELING


    A.            Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada individu agar individu yang dibimbing mencapai kemandirian dengan mempergunakan berbagai bahan, melalui interaksi, dan pemberian nasihat serta gagasan dalam suasana asuhan dan berdasarkan norma-norma yang berlaku. Konseling adalah  kontak atau hubungan timbal balik antara dua orang (konselor dan klien) untuk menangani masalah yang didukung oleh keahlian dan dalam suasana yang laras dan integrasi, berdasarkan norma-norma yang berlaku untuk tujuan yang berguna bagi klien (siswa).
Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa pengertian bimbingan dan konseling (BK) adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri.

     B.            Tujuan Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan konseling merupakan pelayanan bantuan untuk siswa baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karier; melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku. Tujuan bimbingan dan konseling, yaitu untuk membantu memandirikan siswa dalam mengembangkan potensi-potensi mereka secara optimal.
Pelayanan BK di sekolah diarahkan pada ketercapaian tujuan pendidikan dan tujuan pelaksanaan konseling. Sebagai salah satu lembaga pendidikan, sekolah membutuhkan pelayanan BK dalam penyelenggaraan dan peningkatan kondisi kehidupan di sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan yang berjalan seiring dengan visi profesi konseling, yaitu terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam memberikan dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar individu berkembang secara optimal, mandiri, dan bahagia.

    C.            Arah Bimbingan dan Konseling
Adapun yang menjadi arah bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut.
         1.         Pelayanan Dasar
Pelayanan dasar adalah pelayanan yang mengarah kepada terpenuhinya kebutuhan siswa yang paling elementer, yaitu kebutuhan makan dan minum, udara segar, dan kesehatan, serta kebutuhan hubungan sosio-emosional. Orang tua, guru dan orang-orang yang dekat (significant persons) memiliki peranan paling dominan dalam pemenuhan kebutuhan dasar siswa. Dalam hal ini, Guru BK atau Konselor pada umumnya berperan secara tidak langsung dan mendorong para significant persons berperan optimal dalam memenuhi kebutuhan paling elementer siswa.

           2.       Pelayanan Pengembangan
Pelayanan pengembangan adalah pelayanan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan tahap-tahap dan tugas-tugas perkembangannya. Dengan pelayanan pengembangan yang cukup baik siswa akan dapat menjalani kehidupan dan perkembangan dirinya dengan wajar, tanpa beban yang memberatkan, memperoleh penyaluran bagi pengembangan potensi yang dimiliki secara optimal, serta menatap masa depan dengan cerah. Upaya pendidikan pada umumnya merupakan pelaksanaan pelayanan pengem-bangan bagi peserta didik. Pada satuan-satuan pendidikan, para pendidik dan tenaga kependidikan memiliki peran dominan dalam penyelenggaraan pengembangan terhadap siswa. Dalam hal ini, pelayanan BK yang dilaksanakan oleh Guru BK atau Konselor selalu diarahkan dan mengacu kepada tahap dan tugas perkembangan siswa.

       3.           Pelayanan Teraputik
Pelayanan teraputik adalah pelayanan untuk menangani pemasalahan yang diakibatkan oleh gangguan terhadap pelayanan dasar dan pelayanan pengembangan, serta pelayanan peminatan. Permasalahan tersebut dapat terkait dengan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kehidupan keluarga, kegiatan belajar, karir. Dalam upaya menangani permasalahan peserta didik, Guru BK atau Konselor memiliki peran dominan. Peran pelayanan teraputik oleh Guru BK atau Konselor dapat menjangkau aspek-aspek pelayanan dasar, pelayanan pengem-bangan, dan pelayanan peminatan.

           4.       Pelayanan Arah Peminatan
Pelayanan arah peminatan adalah pelayanan yang secara khusus tertuju kepada peminatan/lintas minat/pendalaman minat peserta didik sesuai dengan konstruk dan isi kurikulum yang ada. Arah peminatan/lintas minat/pendalaman minat ini terkait dengan bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karir dengan menggunakan segenap perangkat (jenis layanan dan kegiatan pendukung) yang ada dalam pelayanan BK. Pelayanan peminatan/lintas minat/pendalaman minat peserta didik ini terkait pula dengan aspek-aspek pelayanan pengembangan tersebut di atas.     

       5.           Pelayanan Diperluas
Pelayanan diperluas adalah pelayanan dengan sasaran di luar diri siswa pada satuan pendidikan, seperti personil satuan pendidikan, orang tua, dan warga masyarakat lainnya yang semuanya itu terkait dengan kehidupan satuan pendidikan dengan arah pokok terselenggaranya dan suskesnya tugas utama satuan pendidikan, proses pembelajaran, optimalisasi pengembangan potensi siswa. Pelayanan diperluas ini dapat terkait secara langsung ataupun tidak langsung dengan kegiatan pelayanan dasar, pengembangan peminatan, dan pelayanan teraputik.



SOAL-SOAL BESERTA KUNCI JAWABAN TENTANG PENGERTIAN,
TUJUAN, DAN ARAH
BIMBINGAN DAN KONSELING

                  A.            Soal Esai
                       1.         Apa yang dimaksud dengan bimbingan dan konseling?
                       2.         Apa tujuan bimbingan dan konseling?
                       3.         Apa arah bimbingan dan konseling?
                   B.            Soal Objektif
1.      Pelayanan yang mengarah kepada terpenuhinya kebutuhan siswa yang paling elementer, yaitu kebutuhan makan dan minum, udara segar, dan kesehatan, serta kebutuhan hubungan sosio-emosional merupakan arah layanan BK yang disebut.….
a. Pelayanan dasar                        c. Pelayanan teraputik
b. Pelayanan pengembangan        d. Pelayanan arah peminatan
2.      Pelayanan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan tahap-tahap dan tugas-tugas perkembangannya merupakan arah pelayanan BK yang disebut....
a. Pelayanan dasar                        c. Pelayanan teraputik
b. Pelayanan pengembangan        d. Pelayanan arah peminatan
3.      Pelayanan untuk menangani pemasalahan yang diakibatkan oleh gangguan terhadap pelayanan dasar dan pelayanan pengembangan, serta pelayanan peminatan merupakan arah pelayanan BK yang disebut....
a. Pelayanan dasar                        c. Pelayanan teraputik
b. Pelayanan pengembangan        d. Pelayanan arah peminatan
4.      Pelayanan yang secara khusus tertuju kepada peminatan/lintas minat/pendalaman minat peserta didik sesuai dengan konstruk dan isi kurikulum yang ada merupakan arah pelayanan BK yang disebut....
a. Pelayanan dasar                        c. Pelayanan teraputik
b. Pelayanan pengembangan        d. Pelayanan arah peminatan
5.      Pelayanan dengan sasaran di luar diri siswa pada satuan pendidikan, seperti personil satuan pendidikan, orang tua, dan warga masyarakat lainnya yang semuanya itu terkait dengan kehidupan satuan pendidikan merupakan arah pelayanan BK yang disebut….
a. Pelayanan dasar                        c. Pelayanan teraputik
b. Pelayanan pengembangan        d. Pelayanan diperluas
             

    C.            Kunci Jawaban
Esai
1.      Bimbingan dan konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri.
2.      Tujuan BK adalah untuk membantu memandirikan siswa (konseli) dalam mengembangkan potensi-potensi mereka secara optimal dan terwujud KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari)
3.      Arah BK meliputi pelayanan dasar, pelayanan pengembangan, pelayanan teraputik, pelayanan arah peminatan, dan pelayanan diperluas.
Soal Objektif
1. a
2. b
3. c
4. d
5. d


YEL-YEL TENTANG PENGERTIAN, TUJUAN, DAN ARAH
BIMBINGAN DAN KONSELING


Dua siswa pergi berkeliling
Tidak lupa membawa tali
Bantuan yang diberikan konselor kepada konseli
Disebut bimbingan dan konseling

Ada pak Tono membayar sewa
Yang diperiksa oleh BPK
Membantu memandirikan siswa
Adalah tujuan dari BK

Banyak warga menghajar maling
Karena kedapatan mencuri di pasar
Salah satu arah bimbingan dan konseling
Disebut pelayanan dasar

Komentar